Welcome

    Welcome
    Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh.

    Peace will be open to you.

    In the name of Allah Subhanahu wa Ta’ala.

    Welcome to my personal website.

Mari Isolasi Diri

Catatan
Dr.Alfian NR Sp.P
Dokter Paru Satgas Corona RS Unair:

Allah memberi kesempatan manusia meningkatkan imunitasnya dg istirahat di rumah, tetap beribadah kepada Allah SWT dengan makin khusyuk. Berdoa yg makin lama, bersujud yg makin lama. Membaca quran makin banyak. Dzikir dan wirid lebih banyak. Berkumpul bersama keluarga di rumah.


Zaman sahabat dahulu pernah terjadi wabah. Memberikan kita pelajaran. Allah mendidik manusia untuk meneladaninya. Kala itu dikumandangkan adzan Shollu fi rihalikum. Sholatlah di rumah2 kalian.

Virus corona SAr-COV2 ini berbahaya karena sangat mudah menular dari satu orang ke orang lain. Caranya melalui percikan dahak (droplet), kontak (bersalaman), udara (airborne). Dilaporkan WHO bahwa virus bisa bertahan di udara 3 jam. Kerumunan massa, tidak menjaga jarak dengan orang lain, tidak menggunakan masker saat keluar rumah, tidak rutin cuci tangan dapat meningkatkan risiko tertular virus corona.

Allah dan Rosul sendiri telah memberikan contoh kisah wabah pada zaman dahulu. Selayaknya menjadi ibroh pelajaran bagi kita. Pelajaran keimanan bagi tiap muslim. Bagaimana pelajaran wabah zaman dahulu masih sangat relevan dengan yang terjadi saat ini. Karantina / self isolation dan jaga jarak / social distancing merupakan implementasi pelajaran wabah zaman dahulu yg diterapkan zaman now.

Himbauan menghindari kerumuman massa dimanapun, termasuk di pasar, di mall, di rumah sakit, di tempat hiburan, dan tempat ibadah. Bukanlah terkait politik ekonomi semata. Justru ini terkait dengan pendidikan dan kesehatan warga. Pendidikan tentang kesadaran akan pemahaman cara menghindari penularan penyakit. Penerapan perilaku hidup bersih dan sehat dengan rajin mandi, cuci tangan sebelum makan dan segala aktivitas. Termasuk terus berdoa. Merupakan berbagai upaya yang harus tiap individu lakukan. Peningkatan imunitas dengan makan makanan bergizi, halal dan toyyib, menghindari stress beban fisik maupun psikis harus dilakukan tiap individu.

Pandemi ini akan sulit dihentikan dan mungkin akan sampai pada puncaknya, apabila penerapan prinsip2 pencegahan penularan tidak dilakukan. Yang sangat menghawatirkan adalah virus corona menjangkiti orang-orang dengan imunitas yang lemah. Virus dengan mudah menumbangkan seseorang dengan kekebalan yang lemah. Mereka-mereka yang tidak berupaya keras untuk meningkatkan imunitas. Mereka yang justru bersusah-susah bekerja memeras keringat tanpa memperhatikan kesehatan. Tubuh memiliki ambang, pahamilah ambang kekuatan tubuh Anda. Istirahat 7-9 jam perhari memberikan waktu sel-sel Anda berregenerasi dengan baik.

Patuhilah himbauan pemerintah Anda untuk tetap istirahat, bekerja dan beribadah dari rumah. Mudhorot pembukaan masjid, mall, pasar dan area publik, kurangnya pembatasan kunjungan rumah sakit berakibat pengumpulan massa dapat berdampak penyebaran virus ini makin mudah luas. Ingat bahwa seorang dengan virus corona tanpa gejala (sebut: carier) -karena imunitasnya bagus-, dapat menulari orang lain yang berkerumun dengan orang tersebut. Sementara orang lain yg bertemu dengan dirinya belum tentu memiliki kekebalan yang sama dengan sang carier. Sang carier tanpa menyadari dirinya positif corona sampai dilakukan tes swab tenggorok.

Ingat hindari kerumuman massa, jaga jarak, pakai masker saat keluar rumah, rajin cuci tangan, tingkatkan imunitas Anda dan jangan lupa terus berdoa semoga Anda dan keluarga dijauhkan virus corona. Ataupun bila anda positif menderita corona dengan gejala ataupun carier maka berdoalah kepada Dzat yang memiliki segalanya, Dzat yang menghidupkan dan mematikan, Dzat yang mengijinkan virus corona menjangkiti seseorang, Dzat yang menyembuhkan pasien corona. Terus berdoa dan saling mendoakan agar bangsa ini selamat dan dapat melewati wabah corona ini dengan Selamat.

Covid-19 adalah penyakit virus. Obatnya adalah kekebalan seseorang yang terjangkiti virus. Dengan kekebalan yang kuat maka virus dapat dikalahkan. Istilah self limiting disease karena seseorang sembuh sendiri tanpa pengobatan khusus. Hanya dengan istirahat cukup, makan bergizi, hindari stres, stop rokok, stop alkohol, hindari maksiat, terus berdoa, tambah suplemen gizi atau vitamin, aktivitas fisik di rumah akan meningkatkan kekebalan Anda. Kontrol dan obati penyakit kronis Anda, konsultasi ke dokter agar penyakit yang sudah ada bukan justru sebagai penyebab imunitas Anda nge-drop.

Corona mungkin tidak menjangkiti kita, namun Ujub dapat dengan mudah menyusupi kita tanpa kita harus bertemu dengan sesama orang yang ujub. Hanya kepada Allah, kami memohon ampun, Dialah Dzat segala-galanya. Dia pulalah yang menitipkan ilham dan pengetahuan kepada yang dikehendakinya. Dan dia pula yang berhak mengambilnya. Tiada pantas kesombongan menempel pada hati setiap muslim.

wallahu ‘alam

www.m.dralf.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *